Komite Koordinasi Pendidikan ( KOMKORDIK ) merupakan unit fungsional yang berkedudukan di rumah sakit yang dibentuk oleh Direktur / Kepala Rumah Sakit Pendidikan Utama bersama Pimpinan Institusi Pendidikan dan bertanggung jawab kepada Direktur/ Kepala Rumah Sakit Pendidikan. Pembentukan Komite Koordinasi Pendidikan ( KOMKORDIK ) didasarkan pada PP Nomor 93 Tahun 2015 yang berfungsi melaksanakan koordinasi terhadap seluruh proses pembelajaran klinik di RS Pendidikan. 

RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah merupakan rumah sakit tipe B Pendidikan. Saat ini, kantor KOMKORDIK RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah menjadi satu dengan Bagian Pendidikan dan Penelitian dimana dalam pelaksanaannya menggunakan sarana dan prasarana yang ada di rumah sakit dan Fakultas Kedokteran. Adapun fungsi dan tugas KOMKORDIK di RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah adalah memberi rekomendasi kepada Direktur tentang sarana dan prasarana yang harus dipenuhi untuk program pendidikan. KOMKORDIK memiliki beberapa fungsi dalam pelaksanaannya, antara lain fungsi pelayanan, fungsi pendidikan dan fungsi penelitian. 

Seiring dengan perkembangannya, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh KOMKORDIK di antaranya kejelasan hubungan antara Fakultas Kedokteran dengan RS Pendidikan dalam koridor Academic Health System (AHS), kesesuaian rekrutmen peserta didik melalui jalur standar / fakultas dengan ekspektasi kompetensi, rekrutmen tenaga pendidik yang sesuai dengan ekspektasi prodi; kompetensi peserta didik yang disetujui oleh Fakultas Kedokteran dan RS Pendidikan, monev proses pendidikan yang sesuai dengan indikator, cara penilaian, hak dan kewajiban peserta didik dan pendidik.  KOMKORDIK RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dalam koordinasi pendidikan dengan rumah sakit jejaring maupun institusi pendidikan yang terkait demi memfasilitasi seluruh peserta didik yang melakukan pembelajaran klinik serta tenaga pendidik untuk pencapaian kompetensi sesuai kurikulum yang ditetapkan peraturan yang berlaku.